Selamat Datang di Website Resmi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

30/06/2022

Ujicoba Posting

Dalam Kurikulum 2013 Pembelajaran IPA terpadu dengan pembelajaran mupel yang lain. Khususnya pada kompetensi pengetahuan tentang tata surya menurut pengamatan penulis terkesan belum maksimal. Hal ini dari beberapa indikator antara lain hasil tes ulangan harian yang kurang dari KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) mencapai 66,7 %, pengakuan siswa sendiri secara obyektif bahwa materi tata surya termasuk dalam kategori sulit menurut mereka. Kenyataan di Kelas VI SD Negeri Slembaran Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam pelaksanaan proses belajar mengajar materi tatasurya , ada saja tingkah laku anak yang kadang kala tidak sesuai dengan harapan guru, Seperti bergurau dengan teman saat di terangkan, tidak mengerjakan PR, tidak mau membuat catatan, tidak mau memperhatikan saat diterangkan dan lain sebagainya. Perilaku yang ditunjukkan sebagian anak tersebut merupakan suatu tindakan yang negatif yang akan menghambat pencapaian kompetensi pengetahuan tentang tata surya.

Selama ini pembelajaran yang dilaksanakan tanpa menggunakan media pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar. Guru dalam pembelajaran sehari-hari menggunakan media seadanya seperti gambar-gambar mengenai materi yang dijelaskan. Dalam proses pembelajran guru kurang menyiapkan baik materi ataupun media pembelajaran yang akan digunakan sehingga aktifitas pembelajaran hanya berjalan monoton.

Melalui media Pembelajaran Interaktif ini diharapkan kondisi pembelajaran di kelas menjadi bermakna sehingga siswa dapat terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Kondisi pembelajaran yang berpusat pada siswa akan berdampak positif terhadap kompetensi pengetahuan tentang tatasurya. Peningkatan kompetensi pengetahuan