Pelatihan Canva untuk Guru SD Al Islam 2 Jamsaren

Oleh Universitas Duta Bangsa Surakarta

Pelepasan Siswa-Siswi Kelas 6

Tahun Ajaran 2023-2024

Haflah Tahfidzul Qur'an Ke-24

Wisuda Tahfidz Tahun Ajaran 2023-2024

Silaturahmi dan Ta'aruf

Wali Siswa Baru SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

MPLS Tahun Ajaran 2024-2025

Jurnal Kegiatan MPLS di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

Selamat Datang di Website Resmi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

21/08/2022

SEMARAK HUT RI KE-77

    Semangat membara setelah pulih dari pandemi Covid-19, itulah semangat siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 serta keluarga besar SD Al-Islam 2 Jamsaren.


 

    Di moment terpenting HUT RI ke-77, antusiasme siswa-siswi SD Al-Islam 2 Jamsaren dalam mengikuti upacara sangat khidmat. Setelah upacara selesai dilanjutkan penyerahan penghargaan kepada siswa-siswi yang berprestasi dalam ajang lomba akademis maupun non akademis dan  perlombaan yang mengusung tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.
     

    Perlombaan yang seru diliputi rasa uforia setelah kurang lebih 2 tahun vakum. Lomba Bakiak, Estafet Bola, dan Estafet isi air di perlombakan pada moment tersebut. Semua bersyukur, optimis, bersinergi, dan aktif bersama dalam pemulihan dunia pendidikan. Perayaan HUT RI ke-77 ini disambut keluarga SD Al-Islam 2 Jamsaren dengan penuh suka cita dan kegembiraan tanpa adanya Covid-19.

Oleh:

Guru Kelas 4, 5 dan 6






















15/08/2022

SERUNYA LOMBA PITULASAN

    Dalam rangka memeriahkan suasana HUT RI Ke-77 SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta juga melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan lomba. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 13 Agustus 2022. Adapun kategori lomba yang ada antara lain:

    1. Lomba mewarnai

    2. Lomba memasukkan pensil dalam botol

    3. Lomba estafet bola

    4. Lomba pecah air


 

    Kegiatan dilaksanakan di halaman SD Al-Islam 2 Jamsaren. Pelaksanaan kegiatan di bagi menjadi 2 kategori, yaitu putra dan putri. peserta yang ikut adalah siswa dan siswa kelas 1-3. Masing-masing kelas mengirim perwakilan di setiap lomba untuk memperebutkan gelar juara. Walaupun cuaca sangat panas, peserta lomba sangat antusias dalam mengikuti perlombaan sederhana ini. Terlihat dari wajah-wajah peserta lomba yang begitu senang dan gembira, penuh semangat berjuang untuk kelas demi meraih gelar juara. Begitu juga para siswa dan siswi yang mendukung teman-temannya dalam perlombaan, memberikan semangat dengan teriakan dan yel-yel. Lomba berlangsung dari pukul 07.15 sampai dengan pukul 10.00.








Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar.


Oleh:

Guru Kelas 1, 2 dan 3


08/08/2022

Masa Pengenalan Lingkungan 2022 Sekolah SD Al-Islam 2 Jamsaren

 

        Tema MPLS : Mewujudkan sekolah sebagai taman belajar  yang nyaman dan menyenangkan melalui kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang edukatif dan kreatif.

        Memasuki awal tahun pelajaran 2022/2023, rasa senang dan antusias masuk sekolah terlihat diraut wajah anak-anak. Setelah 2 tahun pandemi yang mengharuskan mereka belajar jarak jauh, Alhamdulillah ditahun pelajaran ini 2022/2023 mulai 11 juli 2022 sudah kembali masuk sekolah secara normal tatap muka disekolah.

        Dalam rangka mewujudkan sekolah sebagai taman belajar  yang nyaman dan menyenangkan diawal tahun pelajaran 2022/2023 sekolah mengadakan kegiatan MPLS, melalui  kegiatan edukatif dan kreatif yang dikemas dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  ini  diharapkan  tumbuh semangat belajar siswa dalam menghadapi pembelajaran.

Kegiatan MPLS SD AL- ISLAM 2 JAMSAREN dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 11 – 13 Juli 2022. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain :

1.           Senin, 11 Juli 2022 kegiatan yang dilaksanakan diantaranya :

        a.           Sambutan sekaligus pembukaan kegiatan MPLS oleh kepala Sekolah Ibu Dian                                              Purwaningsih, S.Pd

        b.           Sulap dan cerita oleh Pendekar Yo

 

        c.           Flashmob bersama ibu Penni



 

        d.           Pembentukan pengurus Kelas

2.           Selasa, 12 Juli 2022 Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya ;

        a.           Perkenalan guru muatan pelajaran

06/08/2022

Juara OMNAS 11 Provinsi Jawa Tengah

Lima siswa/siswi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta meraih kemenangan dalam Final Lomba Olimpiade Nasional 11 Provinsi Jawa Tengah “Kompetisi Nasional Matematika Sains Bahasa Inggris” yang diselenggarakan oleh Emerald Education Center di Pakuwon Mall Solo Baru. Kelima siswa/siswi tersebut yakni Kenzie Erios Ramadhan (IPA dan Sains Level 2) meraih medali perak, Keenan Ardhi Baihaqi (IPA dan Sains Level 2) meraih medali perak, Danadyaksa Paudra Adenta (Sains Level 3) meraih medali perak, Khansa Syifa Salsabila (IPA dan Sains Level 2) meraih medali perak, dan Vleryan Arif Fernanda Sasongko (Matematika Level 3) meraih medali perunggu.


Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Aji Wicaksono, S.Pd mengatakan, Senin (1/8), kelima siswa tersebut berhasil bersaing dengan puluhan siswa tingkat Sekolah Dasar dari berbagai kota peserta seperti Solo, Semarang, Magelang, Pekalongan, dll. "Penghargaan ini mengharumkan nama SD Al-Islam 2 Jamsaren di mata Jawa Tengah bahwa bila kemampuan siswa/siswi sekolah dasar dalam bidang matematika dan sains sudah tidak bisa dipandang sebelah mata," ujarnya.

Kemudian, penghargaan yang telah diraih pelajar pun dapat dijadikan motivasi dan pengalaman untuk meraih prestasi lebih tinggi. Walaupun tidak mendapatkan hadiah dari mengikuti lomba ini, tetapi penghargaan yang diraih dapat menjadi bekal untuk pendidikan tingkat tinggi. "Lomba ini bukan untuk mencari hadiah tetapi menambah ilmu," ujarnya.

 

Oleh:

Irfan Ushaimi, S.Pd (Guru Bahasa Arab)

04/08/2022

Lomba FLS2N 2022

  
    
Program dalam rangka meningkatkan prestasi peserta didik di bidang seni bahasa dan Literasi yaitu penyelenggaraan kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional atau disebut FLS2N. Pelaksanaan FLS2N Jenjang SD tahun 2022 berupaya untuk dapat menghasilkan anak-anak berprestasi  di bidang Seni dan mampu berdaya saing nasional maupun global. Melalui FLS2N ini, kami berharap dapat  menjadi ruang atmosfer lomba yang sehat dan bertumbuh  dalam budaya yang silih asih dan asuh. Dukungan segenap pihak  sangat diperlukan dalam menyiapkan peserta didik menjadi  generasi bangsa yang kelak turut andil dalam kemajuan Indonesia. (Puspernas: 2022)

    SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta mengirimkan beberapa delegasi dari siswa/siswi untuk mengikuti kegiatan FLS2N 2022 di tingkat Kota Surakarta. Adapun lomba yang diikut sertai siswa/siswi SD Al-Islam 2 Jamsaren adalah lomba menyanyi tunggal, lomba seni tari, lomba pantomim, lomba kriya anyam, dan lomba melukis gambar bercerita.

    Dari kelima cabang lomba FLS2N 2022 yang diikuti siswa/siswi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta, dua diantaranya menyabet gelar juara ke-3 untuk lomba kriya anyam dan juara pertama untuk lomba melukis gambar bercerita.

    Dalam Kegiatan FLS2N 2022 SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta berkesempatan untuk mewakili Kota Surakarta untuk melanjutkan ke tingkat provinsi dalam lomba melukis gambar bercerita. Kesempatan ini diwakili oleh siswi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta yang bernama Maritza Arya Satya Arifin yang di dampingi oleh Bapak Fauzan Ahmadi, M.Pd..

    Semoga dalam kesempatan emas untuk mengharumkan nama SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta ananda Maritza mendapatkan hasil yang membanggakan.. Amiin.. Ya rabbal 'alamiin...


Oleh:

Irfan Ushaimi, S.Pd. (Guru Bahasa Arab)