Pelatihan Canva untuk Guru SD Al Islam 2 Jamsaren

Oleh Universitas Duta Bangsa Surakarta

Pelepasan Siswa-Siswi Kelas 6

Tahun Ajaran 2023-2024

Haflah Tahfidzul Qur'an Ke-24

Wisuda Tahfidz Tahun Ajaran 2023-2024

Silaturahmi dan Ta'aruf

Wali Siswa Baru SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

MPLS Tahun Ajaran 2024-2025

Jurnal Kegiatan MPLS di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

Selamat Datang di Website Resmi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

21/02/2023

Barung Pink SD Al-Islam 2 Jamsaren Lolos ke Tingkat Kota Surakarta


    Pesta Siaga menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, merupakan bagian dari proses pendidikan kepramukaan. Tujuannya antara lain mengembangkan rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan serta memberikan sarana meningkatkan kemampuan, kecakapan dan ketrampilan anggota Pramuka Siaga. Rabu 25 Januari 2023 barung Pink SD Al-Islam 2 Jamsaren mendapatkan kabar gembira yakni bisa maju mewakili Kwartir Ranting 02 Serengan menuju Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Surakarta.


    Kwartir Cabang Surakarta mengadakan Pesta Siaga pada Kamis 9 Februari 2023 yang diikuti oleh masing-masing 3 barung putra dan 3 barung putri dari tiap Kwartir Ranting. Tiap barung tersebut adalah barung yang telah lolos seleksi perlombaan di tingkat Kwartir Ranting. Pelaksanaan Pesta Siaga Kwarcab Surakarta ini bertempat di SMPN 03 Surakarta. Dipanitia oleh Kwarcab Surakarta dan dituan rumahi Kwarran 01 Laweyan.


    Pesta Siaga Kwarcab Surakarta dimulai pukul 07.00 yang dimana seluruh peserta dari masing-masing sekolah yang mewakili Kwarrannya melakukan registrasi ulang kepada panitia yang bertugas. SD Al-Islam 2 Jamsaren mengirimkan 10 siswi anggota Pramuka Siaga dari kelas 3 dan 4 dan didampingi oleh Bu Roziyah, S.Pd. sebagai Pembina Pramuka. Kemudian peserta disiapkan dan dibariskan untuk mengikuti upacara pembukaan. 





    Setelah upacara pembukaan maka telah dimulainya perhelakan Pesta Siaga Kwarcab Surakarta Tahun 2023. Masing-masing peserta mulai menempati tempat cabang lomba (taman) dilaksanakan. Diantaranya adalah taman Taqwa kepada Tuhan, taman kemampuan indra manusia, taman kerapian berpakaian, taman scouting skills, taman darts match, dan lain sebagainya.

    Setelah melalui berbagai lomba yang seru, menyenangkan dan mendidik. Kegiatan ini diakhiri dengan upara penutupan dan pengumuman kejuaraan. Regu Barung Pink dari SD Al-Islam 2 Jamsaren belum memiliki kesempatan untuk melanjutkan perjuangannya menuju Pesta Siaga tingkat Binwil Surakarta. Namun Regu Barung Pink SD Al-Islam 2 Jamsaren tidak  kecewa karena telah memberikan yang terbaik dan tidak patah semangat untuk terus berlatih. Pada kesempatan Pesta Siaga yang akan datang kami akan buktikan bahwa kami Anggota Pramuka Siaga SD Al-Islam 2 Jamsaren akan menjadi yang terbaik. Salam Pramuka… (9/2/2023)



Admin IT Duren


20/02/2023

Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 SD Al-Islam 2 & MI Al-Islam Jamsaren Surakarta


 “Siswa dan siswi peserta wisuda Tahfidzul Qur’an memasuki ruangan” begitulah ucap pembawa acara ketika prosesi wisuda Tahfidzul Qur’an ke-23 akan di mulai. Selasa 14 Februari 2023 merupakan hari yang membahagiakan bagi pada orang tua yang menyaksikan anaknya mengikuti prosesi wisuda Tahfidzul Qur’an yang diselenggarakan tiap satuh tahun sekali. Suasana syahdu dan haru mulai terasa saat seluruh peserta membacakan ayat demi ayat dari Kitab Suci Al-Qur’an.

 



Wisuda Tahfidzul Qur’an ke-23 yang diselenggarakan di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI Kec. Laweyan) ini diikuti sebanyak 109 anak, yang terdiri dari 28 peserta dari MI Al-Islam Jamsaren dan 81 Peserta dari SD Al-Islam 2 Jamsaren. Wisuda Tahfidzul Qur’an ini terdiri dari siswa dan siswi yang telah menyelesaikan Hafalan Surat Juz 30 dan Sebagian dari mereka telah menyelesaikan surat-surat pilihan yaitu Yasin, ar-Rahman, al-Waqi’ah, dan al-Mulk. Kegiatan wisuda Tahfidzul Qur’an ke-23 ini juga dihadiri oleh orang tua wali murid dari peserta wisuda tersebut.

 


Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 ini dimulai pukul 08.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube resmi SD AL-Islam 2 Jamsaren Official. Acara tersebut diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Ananda Mikail Uwais Al Ghifari siswa kelas 4B SD Al-Islam 2 Jamsaren. Kemudian sepatah kata sambutan dari Ketua Panitia Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 Bapak Fauzan Ahmadi, M.Pd.. Selanjutnya Bapak Drs. Nuril Huda selaku Kepala Madrasah MI Al-Islam Jamsaren Surakarta memberikan sambutan dan pesan kepada wisudawan dan wisudawati.


 

 



Prosesi pengukuhan Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 diawali dengan spontanistas dari para wisudawan dan wisudawati. Peserta dipilih secara acak dengan sistem undian, dan diberi pertanyaan seputar surat yang telah mereka hafalkan. Setelah spontanitas, prosesi pengukuhan dimulai. Peserta dari MI Al-Islam Jamsaren dikukuhkan oleh Bapak Kepala Madrasah Drs. Nuril Huda dan perserta dari SD Al-Islam 2 Jamsaren dikukuhkan oleh Ibu Kepala Sekolah Dian Purwaningsih, S.Pd. Peserta dikukuhkan dengan diberikan sertifikat Tahfidzul Qur’an yang dibuat panitia dan dikalungkan shamir sebagai kenang-kenangan.



 


Dalam memeriahkan Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 ini SD Al-Islam 2 Jamsaren menampilkan Hadrah yang beranggotakan siswa dan siswi sekolah dasar dari kelas 3 sampai kelas 5. Hadrah ini mengiringi berjalannya proses Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23. Tak lupa Mauidhoh Hasanah dari Ustadz Hari Surasma, M.Pd. juga turut menjadi wejangan yang pas bagi peserta wisudawan dan orang tua wali murid yang hadir dalam acara ini.

 



 


Acara Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 diakhiri dengan foto bersama wisudawan dan wisudawati dengan guru tahfidzul qur’an yang mengajari dan membimbing mereka. Semoga dengan hafalan Qur’an yang mereka jaga, dapat menjadikan penerang bagi mereka dalam kehidupan dunia dan akhiratnya kelak. Amiin yaa Rabbal ‘alamiin.

Admin Tim IT Duren



06/02/2023

Outbond Ceria Di Kampung Karet

LET'S PLAY TOGETHER


 Alhamdulillah, hari ini para siswa kelas 2 SD / MI Al Islam Jamsaren berkesempatan mengunjungi salah satu destinasi wisata yang ada di kecamatan Ngargoyoso Karanganyar. Tempat itu adalah Kampung Karet, di sana anak - anak akan melaksanakan kegiatan outbond ceria. Anak - anak ditemani oleh para guru dan orang tua POS serta kakak - kakak trainer yang asyik dan baik hati. 

 

 



        Kegiatan awal dimulai dengan sarapan bersama dengan menu soto ayam, cocok sekali dengan kondisi di sana yaitu daerah pegunungan yang sejuk dan dingin. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking, anak - anak juga dibagi menjadi beberapa tim. Setelah itu, mereka diajak jalan - jalan oleh kakak - kakak trainer untuk mengenal lebih jauh lagi Kampung Karet. 

 


 


        Anak - anak sangat menikmati kegiatan outbond di Kampung Karet, mereka diberikan edukasi tentang menangkap ikan, menanam, naik kuda, menyadap karet. Anak - anak sangat antusias ketika diajak game ketangkasan pipa bocor dan bekerja sama menyeimbangkan bola supaya tidak terjatuh. Mereka juga diajak untuk menyusuri sungai di dekat daerah tersebut. Walaupun kegiatan diringi dengan hujan, anak - anak tetap bersemangat dan ceria untuk menyelesaikan setiap kegiatan yang diberikan.






Oleh : Pak Putra (Guru Kelas 2)