Selamat Datang di Website Resmi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

20/02/2023

Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 SD Al-Islam 2 & MI Al-Islam Jamsaren Surakarta


 “Siswa dan siswi peserta wisuda Tahfidzul Qur’an memasuki ruangan” begitulah ucap pembawa acara ketika prosesi wisuda Tahfidzul Qur’an ke-23 akan di mulai. Selasa 14 Februari 2023 merupakan hari yang membahagiakan bagi pada orang tua yang menyaksikan anaknya mengikuti prosesi wisuda Tahfidzul Qur’an yang diselenggarakan tiap satuh tahun sekali. Suasana syahdu dan haru mulai terasa saat seluruh peserta membacakan ayat demi ayat dari Kitab Suci Al-Qur’an.

 



Wisuda Tahfidzul Qur’an ke-23 yang diselenggarakan di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI Kec. Laweyan) ini diikuti sebanyak 109 anak, yang terdiri dari 28 peserta dari MI Al-Islam Jamsaren dan 81 Peserta dari SD Al-Islam 2 Jamsaren. Wisuda Tahfidzul Qur’an ini terdiri dari siswa dan siswi yang telah menyelesaikan Hafalan Surat Juz 30 dan Sebagian dari mereka telah menyelesaikan surat-surat pilihan yaitu Yasin, ar-Rahman, al-Waqi’ah, dan al-Mulk. Kegiatan wisuda Tahfidzul Qur’an ke-23 ini juga dihadiri oleh orang tua wali murid dari peserta wisuda tersebut.

 


Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 ini dimulai pukul 08.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube resmi SD AL-Islam 2 Jamsaren Official. Acara tersebut diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Ananda Mikail Uwais Al Ghifari siswa kelas 4B SD Al-Islam 2 Jamsaren. Kemudian sepatah kata sambutan dari Ketua Panitia Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 Bapak Fauzan Ahmadi, M.Pd.. Selanjutnya Bapak Drs. Nuril Huda selaku Kepala Madrasah MI Al-Islam Jamsaren Surakarta memberikan sambutan dan pesan kepada wisudawan dan wisudawati.


 

 



Prosesi pengukuhan Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 diawali dengan spontanistas dari para wisudawan dan wisudawati. Peserta dipilih secara acak dengan sistem undian, dan diberi pertanyaan seputar surat yang telah mereka hafalkan. Setelah spontanitas, prosesi pengukuhan dimulai. Peserta dari MI Al-Islam Jamsaren dikukuhkan oleh Bapak Kepala Madrasah Drs. Nuril Huda dan perserta dari SD Al-Islam 2 Jamsaren dikukuhkan oleh Ibu Kepala Sekolah Dian Purwaningsih, S.Pd. Peserta dikukuhkan dengan diberikan sertifikat Tahfidzul Qur’an yang dibuat panitia dan dikalungkan shamir sebagai kenang-kenangan.



 


Dalam memeriahkan Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 ini SD Al-Islam 2 Jamsaren menampilkan Hadrah yang beranggotakan siswa dan siswi sekolah dasar dari kelas 3 sampai kelas 5. Hadrah ini mengiringi berjalannya proses Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23. Tak lupa Mauidhoh Hasanah dari Ustadz Hari Surasma, M.Pd. juga turut menjadi wejangan yang pas bagi peserta wisudawan dan orang tua wali murid yang hadir dalam acara ini.

 



 


Acara Wisuda Tahfidzul Qur’an Ke-23 diakhiri dengan foto bersama wisudawan dan wisudawati dengan guru tahfidzul qur’an yang mengajari dan membimbing mereka. Semoga dengan hafalan Qur’an yang mereka jaga, dapat menjadikan penerang bagi mereka dalam kehidupan dunia dan akhiratnya kelak. Amiin yaa Rabbal ‘alamiin.

Admin Tim IT Duren