Selamat Datang di Website Resmi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

30/05/2023

Kegiatan Perkemahan EWPK Kelas 3

        Pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian dan kecakapan hidup melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.Pendidikan kepramukaan bertujuan menguatkan proses pendidikan karakter di sekolah melalui penguatan pembelajaran.


 

        Sebanyak 112 Siswa-siswi SD Al-Islam 2 Jamsaren dan 47 Siswa-siswi MI Al-Islam Jamsaren Surakarta melaksanakan Puncak Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan (EWPK) yang dikemas dalam bentuk Perkemahan EWPK yang dilaksanakan di halaman SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Kegiatan Perkemahan EWPK ini merupakan penerapkan nilai-nilai kepramukaan yang terkandung dalam dasa darma dan tri satya pramuka.Selain itu kegiatan ini juga mengimplementasikan pembelajaran Tema 8 Kelas 3 “Praja Muda Karana”.


        Kegiatan Perkemahan EWPK ini dimulai pada hari Rabu, 17 Mei 2023 pukul 14.30 WIB dan selesai pada hari Kamis, 18 Mei 2023 pukul 11.00 WIB. Kegiatan perkemahan EWPK ini mengambil tema “Membentuk Peserta Didik yang Memiliki Kepribadian, Kecakapan Hidup dan Berakhlak Mulia”. 

                     Adapun rundown acara kegiatan yang dilaksanakan pada Perkemahan EWPK Kelas 3 tahun pelajaran 2022/2023 ini yaitu :
        1.    Registrasi/daftar ulang peserta
        2.    Sholat Jama’ah Asar
        3.    Upacara pembukaan
        4.    Pembuatan Karya Siswa
        5.    Lomba-lomba
        6.    Sholat jama’ah maghrib
        7.    Tadarus al quran
        8.    Makan malam bersama
        9.    Sholat isyak berjama’ah
        10.    Pentas seni
        11.    Dongeng dan muhasabah
        12.    Sholat tahajud
        13.    Sholat subuh berjamah
        14.    Senam ceria
        15.    Wide game pramuka.
        16.    Pengumuman barung tergiat dan Pembagian Hadiah.
        17.    Upacara penutupan.

        Kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan, pembaruan barung dan pembuatan karya siswa membuat mobil-mobilan dari botol bekas. Di sela-sela pembuatan karya siswa ditampilkan diatas panggung EWPK berbagai lomba-lomba yang melatih mental dan kepercayaan diri siswa diantaranya lomba pidato, stand up comedy, dan puisi. Setelah pembuatan karya siswa dan lomba selesai dilanjutkan istirahat dan persiapan sholat jam’ah magrib. Dengan menampilkan juara azan untuk mengumandangkan azan. Tibalah sholat magrib dan setelah selesai dilanjutkan tadarus bersama. 


 

        Makan malam pun tiba, siswa-siswi peserta kegiatan ewpk pun menikmati makanan yang telah disiapkan. Piring-piring, gelas, sendok dan perlatan makan lainya yang anak-anak bawa mereka cuci sendiri sebagai rasa tanggung jawab yang ditanamkan kepada mereka. Setelah makan malam dan sholat isyak berjamaah, ada  kegiatan yang ditunggu-tunggu dimalam perkemahan ewpk kelas 3 yang sangat antusias diikuti oleh semua peserta yaitu pentas seni dan dongeng. Kegiatan pentas seni disambut dan dibuka oleh Ibu Dian Purwaningsih, S.Pd selaku Kamabigus SD Al-Islam 2 Jamsaren. Didalam pentas seni siswa-siswi menampilkan berbagai macam pentas yang sudah mereka pesiapkan antara lain menyanyi, gerak dan lagu, tarian budaya, drama dan sebagainya. Setelah kegiatan pentas seni selesai, acara semakin tambah asyik dengan dongeng yang disampaikan oleh Kak Bay. Haru dan tangis pun terdengar dari anak-anak ketika acara dongeng ditutup dengan muhasabah. Alhamdulillah kegiatan malam telah selesai, anak-anak bergegas untuk pesiapan istirahat dan tidur malam. 


        Setelah seharian mereka mengikuti kegiatan rasa lelah terlihat pada mereka, sehingga mereka pun tidur dengan pulas.Sekitar jam 3 pagi terdengar suara dari pendamping  rumah barung yang membangunkan mereka untuk persiapan sholat tahajud.  Setelah sholat tahajud selesai dilanjutkan tadarus Al Qur’an sampai tiba waktu sholat subuh. Kegiatan selanjutnya setelah sholat subuh adalah olahraga dan senam ceria. Kemudian mandi, makan dan persiapan untuk kegiatan besar Wide Game. 


        Pada kegiatan Wide Game ini para peserta perkemahan EWPK akan diajak untuk berpetualang disekitar lingkungan sekolah. Mereka terbagi atas beberapa barung dengan anggota 10-11 anak. Ada beberapa pos atau warung yang harus dilalui oleh para peserta perkemahan EWPK. Ada pos/warung persatuan, kebangsaan, pengetahuan & ketaqwaan, kepramukaan,  dan ketangkasan serta mini outbond.

 





        Di pos ke-1, pos persatuan mereka harus mempraktikkan10 macam gerakan baris-berbaris. Kemudian pada pos ke-2, pos kebangsaan mereka harus melafalkan bersama-sama lima sila pancasila dan juga menyanyikan lagu nasional serta lagu daerah. Pada pos ke-3  pengetahuan & ketaqwaan,  meraka diuji pengetahuannya dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan beberapa muatan pelajaran dikelas antara lain matematika, bahasa Indonesia, akidah dan sebagainya.  Pada pos ke-4 kepramukaan, mereka diuji pengetahuannya tentang kepramukaan. Pada pos ke-5 ketangkasan, anak-anak akan uji keahlian dan ketangkasannya dalam bentuk permaianan durts match (menancapkan anak panah ke papan dengan dilempar) and basketball (mamasukkan bola pada ring basket). Di pos ke-6, pos terakhir mini outbond, anak anak akan diajak bermain dengan permaian air  yang  melatih kerja sama. Semua rangkaian kegiatan wide game Alhamdulillah berjalan dengan lancar sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.
      

  


        Kegiatan terakhir adalah  pengumuman juara lomba dan upacara penutupan.  Semua peserta merasa senang karena mereka semua telah berhasil melalui semua rangkaian kegiatan selama 2 hari 1 malam dengan banyak mendapatkan pelajaran dan pengalaman yang akan membuat mereka memiliki kepribadian, kecakapan hidup dan berakhlak mulia. Selain anak-anak merasa senang dengan semua kegiatan yang telah meraka ikuti, mereka mendapatkan teman-teman baru dari semua peserta kegiatan Perkemahan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan SD Al-Islam 2  dan MI Al-Islam Jamsaren Surkarta di tahun pelajaran 2022/2023 ini.


( By Pembina Pramuka Sdalsaduren Surakarta)