Selamat Datang di Website Resmi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

22/05/2023

Pentingnya Pendidikan Seksual Pada Anak

    Kapankah manusia dianggap sudah baligh?


    Kalimat tanya tersebut adalah Sebagian dari materi SBT (Spiritual Building Training) yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 5 SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta.
Pada SBT kali ini mengusung materi tentang "Pentingnya Pendidikan Seksual pada Anak" yang akan menginjak usia remaja. Tujuan dari SBT ini agar para siswa-siswi kelas 5 sudah dapat mengenal seksualitas dan dapat membedakan yang benar dan yang salah.

 

    Sabtu 20 Mei 2023, anak-anak siswa-siswi kelas 5 dikumpulkan di ruang meeting untuk mendengarkan, menyimak dan mempelajari bersama-sama tentang Pendidikan Seksual. Pada kesempatan kali ini SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta mendatangkan pemateri yang berkompeten dalam bidang Pendidikan Seksual dan Psikologis Anak. Ibu Farida Hidayati, S.Psi., M.Si. (Cand Dr) membawakan materi yang dimaksud oleh sekolah. Acara ini dilangsungkan secara bergantian antara siswa laki-laki dan perempuan, dikarenakan materi antara laki-laki dan perempuan berbeda.


 


    Secara umum siswa-siswi diberi penjelasan bahwa Pendidikan Seksual itu bukan hal yang tabu untuk dibahas, melainkan justru sangat berguna bagi kehidupan anak-anak ke depannya. Materi dimulai dari kapan manusia bisa dikatakan atau dianggap baligh. Ciri-ciri baligh bagi laki-laki dan perempuan tentunya juga berbeda. Pemateri juga menjelaskan bahaya dari seks bebas yang sering terjadi dan menjadi momok ngeri bagi kelangsungan hidup anak-anak kedepannya.


 


    Acara diakhiri dengan beberapa pendapat dan pertanyaan dari siswa maupun siswi kelas 5 serta diakhiri dengan sesi foto bersama. 


 

Dalam acara ini siswa-siswi kelas 5 menjadi lebih paham dan mengenal lebih tentang Pendidikan seksual, agar kedepannya siswa-siswi dapat berhati-hati dan dapat membedakan mana yang harus dilakukan atau tidak dilakukan.

By: Admin IT Duren