Pelatihan Canva untuk Guru SD Al Islam 2 Jamsaren

Oleh Universitas Duta Bangsa Surakarta

Pelepasan Siswa-Siswi Kelas 6

Tahun Ajaran 2023-2024

Haflah Tahfidzul Qur'an Ke-24

Wisuda Tahfidz Tahun Ajaran 2023-2024

Silaturahmi dan Ta'aruf

Wali Siswa Baru SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

MPLS Tahun Ajaran 2024-2025

Jurnal Kegiatan MPLS di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

Selamat Datang di Website Resmi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

23/08/2023

11 Cabang Lomba MAPSI Maju ke Kota

 

        Ajang lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) SD ke 24, Tingkat Kecamatan Serengan Tahun 2023 bisa menjadi kawah candradimuka pembentukan generasi islami. Disini peserta harus mampu mengasah diri akan bakat dan keterampilan serta keahlian atas bimbingan guru agama Islam masing-masing sebelum melajutkan ke tingkat selanjutnya di Kota Surakarta.


 


 


        Lomba MAPSI ke-24 tingkat kecamatan ini dilaksanakan pada selasa 22 Agustus 2023 yang bertempat di SD Negeri Danukusuman Surakarta. Peserta MAPSI di tingkat kecamatan ini adalah seluruh sekolah dasar baik negeri atau swasta yang berada di wilayah Kecamatan Serengan.


        Peserta MAPSI dari SD Al-Islam 2 Jamsaren terdiri dari 36 siswa-siswi kelas 2-6 yang terbagi menjadi 14 cabang lomba kategori putra dan putri. Kejuaraan yang dilombakan antara lain Lomba Pengetahuan PAI dan BTQ, Lomba Praktik Wudhu dan Sholat, Lomba Keterampilan Adzan dan Iqomah, Lomba Seni Tilawatil-Qur’an, Lomba Hifdzil Qur’an, Lomba Seni Kaligrafi, Lomba Khat Al-Qur’an, Lomba Seni Khitabah, Lomba Seni Menyanyi Duet Lagu Religi, Lomba Seni Macapat Islam, Lomba Seni Keterampilan Komputer Islami, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Cerita Islami, dan Lomba Seni Musik Rebana.





 


        Lomba berlangsung dari pagi hingga siang hari, dan ditutup dengan pengumuman juara dan siapa yang akan mewakili Kecamatan Serengan untuk maju ke tingkat Kota Surakarta.
Dari ke 14 cabang lomba alhamdulillah SD Al-Islam 2 Jamsaren berhasil meraih 18 piala yang terdiri dari 2 piala juara ketiga, 5 piala juara kedua, dan 11 piala juara pertama. SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta menjadi perwakilan 11 cabang lomba kategori putra dan putri di tingkat Kota Surakarta pada Rabu, 6 September 2023 mendatang.


 


        Semoga pada kesempatan di tingkat Kota Surakarta, SD Al-Islam 2 Jamsaren bisa memberikan hasil yang lebih baik dan dapat mewakili Kota Surakarta untuk maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah…. Amiin ya rabbal’alamiin…



TIM IT SDALSA DUREN



16/08/2023

Upacara Peringakatan Kemerdekaan 17 Agustus 2023

        Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di sekolah merupakan salah satu cara untuk mengenang dan merayakan momen bersejarah tersebut. Upacara ini diadakan pada hari Kamis tanggal 17 Agustus 2023 di halaman SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta dengan melibatkan siswa, guru, dan karyawan. Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia diisi dengan beberapa untaian acara antara lain:

 

1.    Pengibaran Bendera Merah Putih: Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih. Bendera diikatkan pada tiang bendera secara perlahan dan dengan penuh penghormatan. Siswa-siswa yang terlibat dalam pengibaran bendera terdiri dari siswa kelas 4 5 dan 6.

 2.    Lagu Kebangsaan: Saat bendera dikibarkan diiringi dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya"


 


3.    Pembacaan Pembukaan UUD 1945: Siswa-siswa mungkin juga membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai pengingat mengenai prinsip-prinsip dasar negara Indonesia.
4.    Sambutan Kepala Sekolah: Ibu Dian Purwaningsih, S.Pd. selaku kepala sekolah SD Al-Islam 2 Jamsaren memberikan sambutan yang mengingatkan siswa tentang pentingnya kemerdekaan, nilai-nilai nasionalisme, dan tekad untuk terus membangun dan memajukan bangsa.
5.    Doa dan Penutup: Upacara diakhiri dengan doa untuk keutuhan bangsa dan permintaan berkah bagi Indonesia.

        Setelah Upacara dilaksanakan, SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta mengadakan lomba-lomba seperti lomba balap bakiak, lomba pecah air, lomba memesukkan pensil dalam botol, dll yang diikuti oleh peserta upacara. Ini merupakan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi dan mengekspresikan rasa cinta pada tanah air.


By: TIM  IT Duren




Peringatan Hari Pramuka ke-62

         Hari Pramuka yang bertepatan pada tanggal 14 Agustus 2023, SD AL-ISLAM 2 Jamsaren Surakarta mengadakan upacara “Hari Pramuka” siswa-siswi yang menjadi bagian dari kelompok pramuka SD AL-ISLAM 2 Jamsaren Surakarta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang mempromosikan kerja sama tim, kepemimpinan, keterampilan luar ruang, dan pengabdian masyarakat. Kegiatan-kegiatan ini dapat sangat bervariasi tergantung pada sumber daya sekolah dan fokus kelompok pramuka, tetapi seringkali mencakup unsur-unsur seperti:
Upacara Bendera: Sama seperti dalam gerakan pramuka yang lebih besar, Hari Pramuka mungkin dimulai dengan upacara pengibaran bendera yang menunjukkan rasa hormat terhadap simbol dan nilai-nilai nasional.

 
        Aktivitas Luar Ruangan: Sekolah dapat menyelenggarakan aktivitas luar ruangan seperti berkemah, hiking, orienteering, dan petualangan lain yang mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan luar ruangan dan bertahan hidup.

         Proyek Layanan Masyarakat: Siswa dapat berpartisipasi dalam proyek layanan masyarakat untuk memberikan kembali kepada komunitas lokal mereka. Ini bisa melibatkan kegiatan seperti membersihkan taman, menanam pohon, atau membantu badan amal setempat.

        Demonstrasi Keterampilan: Pramuka mungkin menampilkan berbagai keterampilan yang telah mereka pelajari, seperti pertolongan pertama, mengikat simpul, membangun api, dan banyak lagi.

        Kegiatan Kreatif: Sekolah sering mendorong pramuka untuk terlibat dalam kegiatan kreatif yang berkaitan dengan tema pramuka, seperti proyek seni, sandiwara, dan presentasi.

        Pelatihan Kepemimpinan: Kelompok pramuka sering berfokus pada membangun keterampilan kepemimpinan di antara anggotanya. Hari Pramuka Sekolah dapat mencakup lokakarya kepemimpinan atau sesi pelatihan.

        Pembangunan Karakter: Gerakan pramuka sangat menekankan pada pengembangan karakter dan nilai-nilai pribadi. Kegiatan mungkin dirancang untuk menumbuhkan kualitas seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati.

        Kampanye Kesadaran: Beberapa acara Hari Pramuka mungkin berkisar pada peningkatan kesadaran tentang isu-isu penting seperti pelestarian lingkungan, kesehatan dan keselamatan, atau tanggung jawab sosial.


 



        Hari Pramuka berfungsi sebagai platform untuk mempromosikan aspek positif dari kepramukaan dan mendorong siswa untuk menjadi warga negara yang aktif, bertanggung jawab, dan terlibat. Ini adalah kesempatan bagi siswa untuk mempelajari keterampilan hidup yang penting, menumbuhkan rasa memiliki, dan berkontribusi pada sekolah dan komunitas mereka dengan cara yang berarti.

By: Admid Duren




01/08/2023

Gelar Karya Wonderfull of Java

 Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD Al Islam 2 Jamsaren

 “Wonderful of Java”

    

 

      Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Projek penguaatan profil pelajar pancasila, salah satu pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. 

            Kegiatan projek ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak normal, struktur belajar yang fleksibel terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi profil pelajar pancasila. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa tidak hanya dibentuk menjadi cerdas. Namun, juga berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau yang disebut sebagai wujud Profil Pelajar Pancasila. Dilansir dari dokumen yang diterbitkan oleh Kemendikbud, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Dalam pelaksanaannya, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini dapat dilakukan secara fleksibel, baik dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka juga dirancang terpisah dari intrakurikuler. Hal ini dikarenakan tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projeknya tidak berkaitan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.



        Pada hari Senin& Selasa , 19& 20 Juni 2023SD Al Islam 2 Jamsaren Surakarta mengadakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Gelar karya tersebut merupakan rangkaian puncak dari kegiatan projek. Kali ini gelar karya diikuti oleh Fase A ( Kelas I, II, dan III) dan Fase B (kelas IV dan V) yang melaksanakan melaksanakan projek 1. Mengambil Topik Kearifan lokal dengan tema “Wonderful of Java”. Rangkaian acara Gelar Karya yang dilaksanakan meliputi pembukaan yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an  QS;Al Fatihah, Al Quraisydan Al Ma’un oleh Ananda Khenaya Navalnia Setya Budi Kelas III C. Kemudian  sambutan Ketua Panitia, Inayah Siti Rohmani, S.Pd dan sambutan dari Yayasan perguruan Al Islam Bp. Ali Gufron sekaligus meresmikan acara Gelar Karya dengan memukul gong dilanjutkan gunting pita. “ Saya  merasa bangga, salut dan sangat mendukung Gelar Karya ini, semoga kegiatan ini dapat memotivasi siswa untuk berwirausaha dimasa depan” katanya.
        Kepala Sekolah SD Al-Islam 2 Jamsaren Ibu Dian Purwaningsih, S.Pd  dalam sambutannya mengatakan bahwa Gelar karya ini baru pertama dilaksanakan pertama kali, sehingga umtuk yang akan datang akan disiapkan lebih baik lagi. Ucapan terima kasih dan mengapresiasi atas usaha guru, karyawan dan orang tua/wali siswa yang luar biasa dalam mewujudkan Gelar Karya ini. Dengan sukarela bergotong royong umtuk mewujudkan Gelar Karya.



        Di hari pertama tampilan kesenian oleh siswa dan siswi SD Al Islam 2 Jamsaren kelas 1 sampai dengan kelas 3diawali dengan tampilan solo drum oleh Keandra kelas ID dan dilanjutkan rebana, tari kreasi daerah, pantomim dan banyak lainnya, penonton sangat antusias dalam pargelaran di panggung. Disamping itu juga dipamerkan hasil karya siswa berupa poster Projek Penguatan profil Pancasila, hasta karya dari barang bekas, dan foto-foto kegiatan, tampilan hasil kelas 1 sampai dengan kelas V dan tampilan yang dipamerkan di lantai 2. Selain Stand hasil pembelajaran juga ada stand market day kelas 1 sampai kelas V.



        Gelar karya ini juga mengundang tamu dari dinas kota, kecamatan dan yayasan perguruan Al Islam, sekolah lain yang dekat dan perangkat warga sekitar. Dengan antusias tamu undangan melihat penampilan di panggung kemudian naik ke lantai 2 untuk menyaksikan hasil dari karya kelas satu sampai dengan kelas enam ditambah dengan stand dari ekstrakurikuler. 


        Di hari yang ke dua Para siswa dan orang tua siswa sangat antusias pelaksanaan Gelar Karya ini. Para paguyuban Orang Tua Siswa (POS) secara bergotong royong memulai kembali mempersiapkan jajanan untuk market day dan sangat mendukung dalam penampilan tarian maupun penampilan putra putrinya dalam panggung.



        Gelar karya menggambarkan  kreativitas siswa yang merupakan hasil belajar selama kegiatan projek. Dimulai dari kemampuan siswa dalam menggali permalasahan di lingkungan sekitar dan mencari solusi dari permasalahan dengan penelitian sederhana yang dilakukan. Ketrampilan mempresentasikan gagasan dan laporan hasil penelitian.  Kreativitas dalam merancang poster baik manual maupun digital.  Pengguanaan bahasa yang singkat padat dipadukan dengan gambar dan komposisi warna yang menarik merupakan karya kreativitas siswa.  Ide menghias papan pameran dengan konsep yang beragam merupakan wujud imajinasi dan kreativitas siswa.



        Dengan diadakannya kegiatan tersebut, siswa diharapkan dapat memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensinya serta mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan serta dapat membentuk siswa yang mandiri, kreatif, dan berjiwa gotong royong. Dukungan orang tua dan wali sangat diharapkan untuk pelaksanaan Gelar Karya dimasa yang akan datang. (By : Inayah Siti Rohmani, S.Pd)