Pelatihan Canva untuk Guru SD Al Islam 2 Jamsaren

Oleh Universitas Duta Bangsa Surakarta

Pelepasan Siswa-Siswi Kelas 6

Tahun Ajaran 2023-2024

Haflah Tahfidzul Qur'an Ke-24

Wisuda Tahfidz Tahun Ajaran 2023-2024

Silaturahmi dan Ta'aruf

Wali Siswa Baru SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

MPLS Tahun Ajaran 2024-2025

Jurnal Kegiatan MPLS di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

Selamat Datang di Website Resmi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

27/10/2023

Akreditasi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

        Akreditasi adalah pengakuan terhadap suatu lembaga pendidikan oleh badan yang berwewenang. Pengakuan ini diberikan setelah lembaga pendidikan tersebut dinilai memenuhi syarat dan kriteria tertentu. Dalam periode masa aktif nilai akreditas SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta sudah habis, oleh karena itu kami mengajukan akreditas ulang guna memastikan bahwa lembaga atau program memiliki kualitas yang memadai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

 



        Tahun ini SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta mengajukan reakreditasi kepada BAN SD, dan hari senin dan selasa 16 dan 17 Oktober 2023 mendapat giliran untuk visitasi bersama asesor. Asesor yang ditunjuk untuk memvisit sekolah kami adalah Bp. Drs. Joko Margiantomo, M.Pd & Bp. Joko Budiyono, S.Pd..


        Visitasi dimulai dengan sambutan tabuhan rebana dan kariwitan dari anak-anak anggota ekstrakurikuler dan penampilan anak-anak dari ekstra karate. Lalu dilanjutkan dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh tim akreditas, asesor, perwakilan dari komite wali siswa, pengurus Yayasan Jamsaren, dan pengawas Korwil Serengan.


        Setelah sambutan, dilanjutkan dengan mengecekan perangkat-perangkat yang telah disiapkan oleh tim akreditas jauh-jauh hari. Selain pengecekan perangkat yang ada, juga diadakan wawancara wali siswa, pengurus yayasan, dan pejabat daerah setempat oleh kedua asesor.


        Pada hari ke dua, dilakukan observasi pembelajaran di kelas serta lingkungan sekolah. Dan visitasi diakhiri dengan acara penutupan, serta evaluasi dari program visitasi tersebut. Masukan dan evaluasi dari para asesor akan kami terima dan akan kami tindak lanjuti, guna menjadikan SD Al-Islam 2 Jamsaren sebagai sekolah unggulan di Kota Surakarta.


Tim Akreditas 2023


03/10/2023

KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-78

    Tujuh puluh tujuh tahun Indonesia merdeka. Kita sebagai warga negara yang baik, sudah sepantasnya untuk bersyukur. Wujud syukur dapat kita lakukan melalui berbagai kegiatan. Upacara Bendera Peringatan Hari Kemerdekaan menjadi kegiatan yang penting dilakukan. Sebagai wadah dari kegiatan tersebut kami bermaksud mengadakan kegiatan yang positif untuk siswa dan guru.

Kegiatan Lomba  Kelas 1-3 Dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Agustus 2023. Untuk  Kelas 4-6 Dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 setelah upacara. Upacara dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 17 Agustus 2023 pukul 07.00 sampai 10.00 WIB peserta upacara yaitu kelas 4,5 dan 6 di halaman SD AL-ISLAM 2 JAMSAREN Surakarta. Setelah upacara siswa-siswi kelas 4,5 dan 6 mengikuti lomba untuk memperingati HUT RI KE-78.

Lomba kelas 1-3 meliputi :

    Lomba Bakiak
    Lomba memasukkan pensil dalam botol
    Lomba pecah air
     Lomba estafet bola
    Kelereng Sendok
    Cantol gantung

 Lomba kelas 4-6 meliputi :

    Lomba Bakiak
    Lomba memasukkan pensil dalam botol
    Lomba pecah air
    Lomba estafet bola
    Kelereng Sendok
    Cantol gantung
    Lomba memasak Nasi Goreng (pi)
    Lomba membuat minuman pendamping Nasi Goreng (pa)

Berikut Galey Kegiatan Lomba dalam memperingati HUT RI KE-78
 



 

MPLS SD AL-ISLAM 2 JAMSAREN SURAKARTA Tahun Ajar 2023/ 2024

Istilah Masa Orientasi Siswa (MOS) saat ini sudah lama dan tergantikan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pada masa MPLS, seluruh siswa baru akan mengikuti kegiatan yang bersifat edukatif dan menyenangkan. Sehingga, siswa mampu mengenali ekosistem sekolah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Saat pengenalan lingkungan sekolah MPLS tidak dibenarkan untuk melakukan praktik-praktik kekerasan, perpeloncoan, dan bullying.

Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan MPLS SD Al-Islam 2 Jamsaren tahun ajaran 2023/ 2024 Surakarta berjalan dengan baik dan lancar pada hari senin 17 Juli 2023 sampai dengan kamis, 20 Juli 2023 pukul 07.00 - 10.00 dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang bertempat di SD AL-ISLAM 2 Jamsaren Surakarta.

 


Acara di awali dengan sambutan MPLS Oleh Kepala Sekolah SD AL-ISLAM 2 JAMSAREN Ibu Dian Purwaningsih, S.Pd, setelah itu siswa-siswi beserta guru dan karyawan SD AL-ISLAM 2 Jamsaren Surakarta jalan sehat mengelilingi lingkungan sekolah.

 


Berikut galeri kegiatan MPLS SD AL-ISLAM 2 JAMSAREN SURAKARTA Tahun Ajaran 2023/2024