Pelatihan Canva untuk Guru SD Al Islam 2 Jamsaren

Oleh Universitas Duta Bangsa Surakarta

Pelepasan Siswa-Siswi Kelas 6

Tahun Ajaran 2023-2024

Haflah Tahfidzul Qur'an Ke-24

Wisuda Tahfidz Tahun Ajaran 2023-2024

Silaturahmi dan Ta'aruf

Wali Siswa Baru SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

MPLS Tahun Ajaran 2024-2025

Jurnal Kegiatan MPLS di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

Selamat Datang di Website Resmi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

25/03/2024

Quiz Ramadhan Ceria "Aku Anak Sholeh Kelas 2"

Suasana gembira dan semangat yang luar biasa terasa di seluruh ruangan "hall" pada hari yang spesial ini Rabu, 20 Maret 2024. Sebanyak 111  siswa kelas 2 berkumpul untuk mengikuti acara Quiz Ramadhan Ceria "Aku Anak Sholeh Kelas 2". Para siswa sangat antusias dan berbaris rapi dari depan ke belakang sesuai kelas masing-masing menunggu untuk mulai memainkan game kuis yang akan dipandu oleh mc yang enerjik.

Setelah memahami bagaimana peraturan dan teknis dalam bermain kuis, babak penyisihan adalah tahap pertama dimulai dengan sistem ranking 1. MC memulai dengan memberikan pertanyaan seputar pelajaran di sekolah, mulai dari tingkat soal  yang mudah, sedang, dan cukup kepada para peserta quiz. Setelah pertanyaan selesai dibacakan, para peserta kuis diminta untuk menjawab dengan mengangkat kartu bertuliskan benar atau salah. Dalam babak inilah siswa mulai berebut untuk memenangkan kesempatan bermain di babak selanjutnya. Tidak ada ruang untuk kesalahan karena satu kesalahan saja dapat membuat para peserta itu keluar dari permainan. 



Setelah melalui tahap penyisihan, tiga anak teratas (menjadi satu regu) dari setiap kelas berhasil lolos ke tahap selanjutnya, yaitu Cerdas Cermat. Setiap regu sebagai perwakilan kelas masing-masing. Tahap Cerdas Cermat ini dibagi menjadi tiga babak, dimana setiap babak menawarkan tantangan yang semakin menegangkan. Babak pertama adalah babak benar / salah. Babak ini merupakan bagian awal dimana MC memberikan pertanyaan dan harus dijawab dengan mengangkat kartu benar /salah. Semua regu memiliki kesempatan untuk menjawab. Kemudian, babak kedua menulis jawaban yang benar. Disini masing masing regu diuji pengetahuannya. Peserta diminta untuk menulis jawaban yang benar pada kertas yang sudah disediakan. Babak terakhir adalah pertanyaan rebutan, dimana yang tercepat memukul  kenong akan mendapat giliran pertama menjawab  dan regu mana saja yang pertama kali menjawab benar akan mendapatkan 100 poin, namun siapa yang menjawab salah maka akan dikurangi 100 poin.


Tidak mudah bagi regu selama babak Cerdas Cermat, namun mereka sangat bersemangat dan siap mempertaruhkan segalanya untuk menjadi juara mewakili kelas masing-masing. Para suporter juga begitu bersemangat mendukung regu kelasnya. Setelah permainan berakhir, 4 pemenang diumumkan dan mereka adalah siswa-siswa hebat dari setiap kelas yaitu juara pertama dari kelas 2B, juara kedua dari kelas 2C, juara ketiga dari kelas 2D, dan juara harapan dari kelas 2A. Setiap juara akan menerima piala dan piagam sebagai penghargaan atas usaha dan keberhasilannya dalam acara ini.



Quiz Ramadhan Ceria "Aku Anak Sholeh Kelas 2" telah menjadi acara yang sangat menyenangkan dan sukses berkat semangat serta partisipasi luar biasa dari para siswa kelas 2. Alhamdulillah acara berjalan lancar, dan para siswa telah memperoleh pengalaman yang sangat berharga dan penuh kenangan indah dalam perjalanan hidup mereka.


 

19/03/2024

Lomba Ramadhan Ceria Siswa Kelas 1

            Hari ini Senin 19 Maret 2024, riuh suara sorak sorai anak-anak sholih sholihah kelas 1 SD Al Islam 2 Jamsaren Surakarta di hall barat. Suara riuh dalam kegiatan Lomba Ramadhan Ceria antar kelas. Lomba terdiri dari lomba Aku Anak Sholih Sholihah yang diikuti oleh 112 siswa kelas 1A – 1D. Kegiatan ini dikemas dengan memberikan pertanyaan benar atau salah. Lomba ini sebagai babak penyisihan untuk nantinya akan mewakili kelas dalam lomba cerdas cermat.


            Lomba berikutnya adalah lomba cerdas cermat yang diwakili oleh 3 anak dari tiap-tiap kelas. Semua peserta antusias dalam menjawab pertanyaan. Dengan semangat dan tepuk tangan dari para penonton, peserta lomba cerdas cermat bisa memberikan penampilan yang terbaik.





            Kegiatan ini dimulai pukul 07.30, diawali dengan permainan sederhana dan lagu – lagu islami dan berakhir pukul 09.30. Lomba – lomba ini dilakukan  dalam rangka mengisi kegiatan di bulan ramadhan agar semakin berkesan dan bermakna dan juga menambah wawasan dan penetahuan seputar agama islam, menumbuhkan rasa percaya diri, jujur dan sportif.