Selamat Datang di Website Resmi SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

23/08/2024

Sosialisasi Pengelolaan Sampah Sekolah Adiwiyata di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

        Sosialisasi Pengelolaan Sampah Sekolah Adiwiyata telah sukses dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Agustus 2024 di ruang pertemuan SD Al-Islam 2 Jamsaren pukul 10.00 – 13.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh 65 guru dan 12 perwakilan Paguyuban Orang Tua Siswa (POS).



        Kegiatan ini menghadirkan narasumber inspiratif, Bu Denok dari Bank Sampah Induk Surakarta. Beliau memberikan pemaparan yang sangat menarik mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang baik, khususnya di lingkungan sekolah. Peserta sangat antusias mengikuti sosialisasi ini dan mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang cara mengelola sampah secara benar dan berkelanjutan.

        Tujuan Sosialisasi:

        Meningkatkan kesadaran guru dan orang tua siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah. Memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola sampah secara mandiri. Mendukung program Sekolah Adiwiyata di SD Al-Islam 2 Jamsaren.



        Materi yang Disampaikan:

1) Pengertian Sekolah Adiwiyata dan pentingnya pengelolaan sampah.

2) Jenis-jenis sampah dan dampaknya terhadap lingkungan.

3) Cara memilah dan mengolah sampah organik dan anorganik.

4) Membuat komposter sederhana.

5) Manfaat bank sampah bagi sekolah dan lingkungan.


        Kesan Peserta Sosialisasi:

“Sosialisasi ini sangat bermanfaat. Saya jadi lebih paham tentang cara mengelola sampah dengan benar.”kata bu Inayah saat dimintai pendapat.


“Saya akan mengajak anak saya untuk ikut serta dalam kegiatan bank sampah di sekolah.”kata salah satu anggota pos kelas 6.



Terima kasih kepada Bu Denok dan seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Semoga sosialisasi ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan sekolah kita.


TIM ADIWIYATA SDALSA DUREN